on June 26, 2014 by admin in Tarbiyah, Comments (0)

Tipu Daya Iblis Menyambut Bulan Ramadhan

Bismillaahirrahmaanirrahiim

Ramadhan adalah bulan penuh kemuliaan yang sangat dinanti-nantikan oleh setiap orang beriman. Ianya merupakan madrasah Illahiyah yang akan menempa seorang muslim menjadi lebih baik amalnya, ibadahnya, dan akhlaknya. Pada bulan ini, setiap pintu-pintu masuknya syaithan akan ditutup, hingga setiap muslim diberi kebebasan seluas-luasnya untuk bertaqarrub kepada ALLAH Subhanahu wa Ta’ala.

ALLAH Yang Maha ‘Adil dan Maha Luas Kuasanya menciptakan segala sesuatu dengan seimbang dan sempurna. Sebagaimana ALLAH menciptakan malam untuk menutupi siang, ALLAH menciptakan segala ciptaan-NYA dengan neraca keseimbangan-NYA hingga dalam penyelenggaraan langit, bumi beserta segala isinya tidak tumpang tindih yang dapat membuatnya kolaps atau binasa. Maha Suci ALLAH dengan kehebatan ilmu-NYA.

Andaikata ALLAH menciptakan seluruh manusia dengan ta’at dan bersih hatinya dari segala keinginan dunia, maka seluruh manusia yang ada tentu tidak akan mempedulikan dirinya selain hanya beribadah kepada ALLAH di setiap masa. Ia akan tidak makan, tidak minum bahkan tidak tidur karena teramat ingin selalu untuk dekat dengan RABB-nya karena keta’atannya. Hingga keadaan sedemikian niscaya akan menimbulkan ketidakseimbangan pada alam terutama pada manusia itu sendiri.

Demikian pula dalam perputaran waktu dan bulan. Tidak ada waktu yang tidak baik sebagaimana tidak ada bulan yang tidak baik. Namun dengan keseimbangan yang ALLAH ciptakan dan perjanjian yang diajukan oleh Iblis ketika ia diusir ke dunia, ALLAH memberikan kesempatan baginya dan anak keturunannya untuk menggoda dan menyesatkan manusia yang tidak ada iman dalam dadanya. Dengan keseimbangan yang ALLAH ciptakan memberikan kesempatan bagi Iblis dan keturunannya, sebelum masuk bulan Ramadhan untuk melakukan segala tipu daya demi menyesatkan anak manusia agar luput ia akan kemuliaan Ramadhan dan merasa berat ia akan kedatangan bulan penuh ampunan ini.

Adapun daya upaya yang dilakukan oleh Iblis dan anak keturunanya dapat berupa :

  1. Melenakan dengan kehidupan dunia yang membuatnya sibuk dan lupa akan kedatangan bulan Ramadhan.
  2. Menebarkan tipu daya, hasut, dan keragu-raguan akan datangnya bulan Ramadhan hingga muncul perselisihan mengenai jatuhnya tanggal 1 Ramadhan.
  3. Menyimpangkan maksud atau niat dalam menyambut bulan Ramadhan dengan bermewah-mewahan dan belanja yang berlebihan.
  4. Melemahkan iman dengan menebarkan ketakutan akan hal-hal yang tersimpan dalam benak dan hati seseorang.
  5. Menghalangi tiap cara dan jalan menuju kebaikan meski sekecil apapun ia.

Wallaahu’alam bish shawab

Tags: , , , ,

No Comments

Leave a comment

XHTML: Allowed tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>