on June 28, 2014 by admin in Tarbiyah, Comments (0)

Keutamaan bulan Ramadhan

Bismillaahirrahmaanirrahiim

Ramadhan adalah bulan yang lebih baik dari seribu bulan. Di dalamnya terkandung keutamaan keutamaan yang tidak ditemui pada bulan-bulan yang lain. Di antara keutamaan-keutamaan yang besar dari bulan Ramadhan adalah :

Ramadhan merupakan bulan yang dikhususkan untuk berpuasa, dimana puasa pada bulan ini merupakan ibadah yang langsung dinilai oleh ALLAH Subhanahu wa Ta’ala sebagaimana firman-NYA dalam sebuah hadits qudsi, “Puasa itu untuk KU” Dengan jaminan ini ALLAH memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi tiap hamba-NYA untuk beribadah dan mendekatkan diri pada ALLAH Subhanahu wa Ta’ala. ALLAH menutup semua pintu masuk syaithan ke dalam manusia dan mengasingkan iblis serta seluruh pasukannya ke neraka jahannam tempat mereka kelak akan kekal di dalamnya. Hingga tidak ada lagi yang membatasi antara manusia dan TUHAN-nya, ALLAH Subhanahu wa Ta’ala.

Ramadhan merupakan bulan yang di dalamnya turun wahyu pertama kepada Rasulullah SAW yaitu perintah iqra’ yang beliau SAW dapatkan ketika sedang mengasingkan diri di gua Hira. Sebagian besar wahyu juga diterima Rasulullah di dalam bulan ini sehingga Ramadhan disebut pula sebagai bulan turunnya Al-Qur’an.

Ramadhan merupakan bulan dimana segala amal kebaikan nilainya dilipatgandakan di sisi ALLAH Subhanahu wa Ta’ala. Baik itu amalan wajib seperti sholat wajib, zakat yang dibayarkan pada akhir Ramadhan, maupun amalan-amalan sunnah seperti infak, sadaqah, bersilaturrahmi, menolong orang yang membutuhkan, mengunjungi orang sakit, menyantuni anak yatim, dan lain-lain.

Ramadhan adalah bulan yang di dalamnya ALLAH membukakan pintu rezeki yang seluas-luasya bagi tiap hamba-NYA. Hingga selama bulan Ramadhan setiap urusan dalam mencari nafkah yang halal akan dimudahkan ALLAH, setiap perniagaan yang jujur dan benar timbangannya akan memperoleh untung yang berlipat ganda, setiap orang akan memperoleh rezeki dari ALLAH yang tidak terduga-duga pintu kedatangannya.

Ramadhan adalah bulan yang di dalamnya terdapat beberapa peristiwa penting dalam sejarah Islam. Beberapa peperangan besar dimenangkan Rasulullah dan pasukannya di dalam bulan Ramadhan, yang merupakan bukti keutamaan bulan Ramadhan dan pertolongan ALLAH yang sangat dekat selama bulan Ramadhan.

Ramadhan adalah bulan maghfirah yaitu bulan yang penuh ampunan dari ALLAH Subhanahu wa Ta’ala terhadap tiap hamba-NYA. Setiap malam dalam bulan ini ALLAH membukakan pintu ampunan yang seluas-luasnya bagi tiap hamba-NYA yang bertaubat dan memohon ampun atas segala dosa yang pernah dilakukan. Baik itu dosa besar yang apabila diibaratkan menumpuk setinggi gunungpun akan diampuni oleh ALLAH ‘Azza wa Jalla. Meski demikian, taubat yang diterima di sisi ALLAH adalah taubat yang sebenar-benarnya (taubat nasuha) yaitu bertaubat dari segala dosa dan kesalahan di masa lalu, tidak mengulangi kembali dosa dan kesalahan yang pernah dilakukan, tidak kembali ke masa atau keadaan yang dialami sebelum melakukan taubatan nasuha.

Dalam bulan Ramadhan terdapat satu malam yang keutamaannya tidak ternilai dengan apapun yang ada di dunia. Malam ini lebih baik dari seribu bulan yang apabila selalu diisi dengan ibadah dan amal kebaikan, akan lebih tinggi dan utama nilai ibadah dan amal kebaikan yang dilakukan dalam malam ini. Malam ini dikenal dengan malam qadr atau lailatul qadr. Rasulullah SAW dalam sebuah hadits shahih bersabda, “Perumpamaan lailatul qadr dibandingkan malam-malam lain selama bulan Ramadhan adalah ibarat dua neraca, salah satunya bernilai emas yang lebih berat dari sebuah gunung.”

Wallaahu ‘alam bish shawab

Tags: , , ,

No Comments

Leave a comment

XHTML: Allowed tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>