on December 26, 2013 by admin in Tafsir, Tilawah, Comments (0)

Tela’ah : Surat Al-‘Imran ayat 83, Segala makhluk tunduk pada ALLAH

Bismillaahirrahmaanirrahiim

“Maka apakah mereka mencari agama yang lain dari agama ALLAH, padahal kepada-NYA lah menyerahkan diri segala apa yang di langit dan bumi, baik dengan suka maupun terpaksa dan hanya kepada ALLAH lah mereka dikembalikan.” (QS. 3 : 83)

Segala yang ada di langit dan bumi adalah ciptaan ALLAH karena itu ALLAH adalah satu-satunya ILAH yang wajib di-ibadahi dan kepada-NYA pula segala tumpu dan harap disandarkan. Beragam ciptaan ALLAH yang mengisi langit, bumi dan yang berada di antara keduanya, tunduk dan patuh kepada ALLAH. Namun dari beragam ciptaan-NYA, ada beberapa makhluk yang hidup di bumi yang tidak serta merta mematuhi segala apa yang diperintahkan ALLAH kepada mereka, hingga ALLAH mempertegas kekuasaan-NYA terhadap setiap makhluk-NYA sebagaimana disebutkan pada ayat di atas dan sebagaimana yang disebutkan pula dalam surat Ar-Ra’du ayat 15:

“Hanya kepada ALLAH lah sujud (patuh) segala yang ada di langit dan bumi, baik dengan kemauan sendiri ataupun terpaksa (dan sujud pula) bayang-bayangnya di waktu pagi dan petang hari.”

Kepatuhan atau ketundukan makhluk ALLAH terbagi atas tiga kelompok yang menjadi asbab dari turunnya kedua ayat tersebut, yaitu:

  1. Makhluk ALLAH yang tunduk dan patuh kepadanya dengan suka atau keinginan dan kesadaran sendiri untuk taat dan tunduk hanya pada ALLAH. Makhluk dalam kelompok ini meliputi setiap makhluk ciptaan ALLAH yang diberikan-NYA hak untuk memilih jalan yaitu dari golongan manusia dan bangsa jin.
  2. Makhluk ALLAH yang teramat patuh dan suka untuk tunduk serta berserah diri kepada-NYA yaitu dari golongan malaikat, setiap isi langit yang lain, dan setiap isi bumi yang lain seperti gunung, laut, berbagai jenis binatang dan alam sekitar.
  3. Makhluk ALLAH yang dengan terpaksa, suka atau tidak suka harus tunduk dan patuh atas kehendak ALLAH dan tidak bisa menolaknya kecuali mereka berusaha lari, menghindar, atau menunda-nunda perintah-NYA. Golongan ini meliputi syaithan, iblis dan turunannya.

Wallaahu ‘alam bish shawab.

Tags: ,

No Comments

Leave a comment

XHTML: Allowed tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>