on September 18, 2012 by admin in Risalah, Tarbiyah, Comments (0)

Tabayyun, mencari kebenaran berita

Bismillaahirrahmaanirrahiim

Salah satu kemuliaan akhlaq Rasulullah Muhammad (SAW) adalah pertimbangan beliau yang sangat cermat terhadap suatu permasalahan. Ketika beliau (SAW) mendapatkan berita terutama yang bermuatan fitnah dan dapat menimbulkan perpecahan atau perselisihan di antara sahabat dan pengikutnya, beliau (SAW) selalu mencari kebenaran berita yang diterimanya (tabayyun) ke pihak-pihak yang amanah dan terpercaya kejujurannya. Misalnya, si fulan A memberitahukan kepada Rasulullah (SAW) bahwa salah seorang sahabatnya telah mengutip pajak perlindungan dari kaum Yahudi Madinah melebihi dari jumlah yang telah ditetapkan Rasulullah. Dalam hal ini Rasulullah (SAW) tidak langsung akan mempercayai berita tersebut dan mencari kebenaran isinya dari sahabat lain yang mengenal atau mengetahui tentang kutipan pajak tersebut. Tak jarang terkadang Rasulullah menyikapi berita sedemikian dengan mencuri dengar berita dari sahabat yang lain, atau mendatangi beberapa narasumber yang dapat dipercayai dari kaum Yahudi yang pada masa itu hidup bersama-sama muslim Madinah di bawah perlindungan Rasulullah (SAW). Ketika terbukti bahwa berita itu tidak benar, Rasulullah pula tidak langsung menghakimi si fulan A pembawa berita namun akan memanggilnya dan memberikan nasihat serta peringatan akan keburukan perilakunya dalam menyebarkan kebohongan terhadap sahabat yang lain.

Sikap tabayyun atau mencari kebenaran berita ini, sebagaimana disebutkan dalam AlQur’an surat Al-Hujurat ayat 6:
“Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti olehmu berita tersebut agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu.”

Wallaahu ‘alam bish shawab.

Tags: , ,

No Comments

Leave a comment

XHTML: Allowed tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>